Jumat, 08 November 2013

Buat yang Masih Belum Bisa Move On, Lets Share

Waduh sedikit sensi memang kalau ngomongin masalah perasaan, tapi kali ini pengen berbagi tentang perasaan, terutama yang masih belum bisa move on nih. Move on sebenernya ga selalu melulu tentang cinta, karena yang namanya move on itu pasti pengen jauh lebih baik dari yang kemarin, melepaskan bayang-bayang masa lalu dalam bidang apa pun itu. Bisa juga move on dari kegagalan. Tapi memang move on sudah terlanjur identik bagi orang yang putus cinta.
Move on memang terasa tak mudah bagi sebagian orang, salah satunya yang nulis nih. Yah lebih baik mengakuilah daripada sok kuat tapi dalem hatinya melow juga, hehehe :P Bukannya ga bisa move on, tapi belum bisa move on. Yah karena move on itu bagian dari proses, dan tiap orang memiliki caranya dan jangka waktunya masing-masing. 
Ayo siapa lagi nih yang masih belum bisa move on karena abis putus sama pacarnya? Nah karena move on itu ga gampang, mari berbagi apa sih sebenernya yang buat move on itu jadi terasa berat? Karena masih terbayangi masa lalu? Karena masih (terlalu) sayang mantan? Karena masih anggep mantan itu orang yang terbaik? Apa pun itu alasannya, ga bisa dipungkiri juga karena masih terselip harapan untuk bisa balikan dan mengulang kembali masa indah semasa pacaran dulu bersama.
Itulah kenapa orang selalu bilang "Move On" karena belum tentu pasangan (a.k.a mantan) kita juga memikirkan hal yang sama dengan kita, merasakan hal yang sama pula dengan kita. Kita terlalu memikirkan hal yang sebenarnya ga penting juga untuk dipikirkan. Kadang kita sampai sedih berlarut-larut, ga makan, ga tidur, dan jadi ga produktif. Ayolah, akhirnya siapa yang rugi akan semua itu? Ya kita sendiri. Kita jadi rugi waktu karena kita seharusnya bisa lebih produktif tapi kita habiskan untuk menggalau ria; rugi tenaga untuk nangis, emosi, ataupun luapan-luapan ekspresi yang lain; rugi uang untuk beli tissu, dan sebagainya.

Move on bukan tentang melupakan dan meninggalkan. Karena semakin kita lari dari sesuatu, semakin besar beban itu akan mengikuti kita. Semakin kita mencoba melupakan, justru bayangan itu akan semakin teringat jelas dalam pikiran kita. Move on adalah tentang mengikhlaskan apa yang telah terjadi. Mengikhlaskan hubungan yang sudah berakhir, mengikhlaskan perasaan, mengikhlaskan si dia yang sudah tidak bersama lagi dengan kita, dan yang lebih penting mengikhlaskan kesalahan di masa lalu. Karena ga bisa dipungkiri, rasa marah atau benci terhadap mantan biasanya karena masih ada kesalahan yang belum bisa termaapkan.
Kalau kita sudah ikhlas, kita tak perlu mencoba untuk melupakan, karena kita sudah bisa menerima kenyataan yang ada.

Masa lalu tidak bisa dihapuskan, karena sudah menjadi bagian cerita dalam kehidupan kita. Kita tak bisa mengubah yang sudah terjadi, tapi kita masih bisa memperbaiki masa depan kita. So, jangan menyibukkan diri dengan meratapi masa lalu, tapi pikirkan bagaimana kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Belajar dari setiap kesalahan.

Ikhlas memang tidak mudah, tapi ikhlas merupakan kunci kebahagiaan. Saat kita bisa ikhlas, kita akan lebih menikmati hidup dan mensyukuri setiap proses yang ada.
So, lets move on! Awali dengan sebuah langkah, kemudian lanjutkan, awalnya memang terasa berat dan sulit, namun tetaplah melangkah ke depan~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar